".. makanan punya kisah .." (.. food has its tale .. cibus habet fabula ..)
.. baik itu mengenai falsafah, filosofis, sejarah maupun perilaku budaya yang menjadi simbol, ritual, adat, dan kearifan lokal masyarakat setempat serta pembentuk karakter, jati diri serta ciri identitas suatu bangsa ..



Saturday, 8 April 2017

Buku *GASTRONOMI UPABOGA INDONESIA*


Salam Gastronomi

Buku GASTRONOMI UPABOGA INDONESIA (GUI) sudah bisa dipesan.

GUI adalah buku pengetahuan tentang gastronomi makanan Indonesia yang dilihat dari sisi sejarah, seni dan budaya.
Buku ini tidak bicara mengenai resep-resep masakan tradisional Indonesia dengan resep-resep dan teknik memasak seperti buku lainnya, tetapi bicara mengenai kerangka bagaimana melihat gastronomi itu baik secara umum maupun di Indonesia + penjelasan sebagian kecil mengenai makanan dr sisi filosofinya.

Buku ini memberi kerangka berfikir secara gastronomi dengan mengajak melihat makanan dari sisi sejarah, budaya, lanskap geografis & metoda memasak.

Di dalamnya antara lain ada penjelasan mengenai :
1. Brand Power
2. Gastro-Diplomacy
3. Wisata Kreatif
4. Ekonomi Kreatif

Seperti diketahui saat ini brand power Indonesia masih berada pada posisi 6,4%, kalah dibanding dengan Singapura dan Thailand.
Untuk itu sudah saat memaksimalkan peningkatan brand power Indonesia melalui diplomasi kebudayaan dan diplomasi gastronomi

Gastro-Diplomacy sendiri mempunyai peran penting karena merupakan prestise dan kekuatan suatu negara melalui meja makanan.

Brand Power & Gastro-Diplomacy adalah tugas dari Pemerintah sebagai instrumen terdepan dalam kancah internasional maupun untuk membangun internalisasi budaya secara nasional.

Wisata kreatif adalah tools dari gastronomi dalam mengangkat makanan sebagai produk pariwisata yang selama ini belum banyak diperkenalkan di Indonesia.
Ebook memberi ulasan bagaimana wisata kreatif itu di konstruksi dalam kebijakan pariwisata..

Ekonomi Kreatif adalah produk dan subyek gastronomi yang memberi pandangan bahwa dibelakang setiap masakan ada artis yag memproduksinya.
Artis ini disebut sebagai seniman yang merupakan produk subyek dari industri kreatif.
Ebook memberi gambaran meletakkan para seniman itu sebagai produk ekonomi kreatif yang mempunyai nilai keekonomian.

Saat ini buku itu dibuat dalam bentuk Electronic Book (E-Book) atau buku elektronik yang tidak lain adalah sebuah bentuk buku yang dapat dibuka secara elektronis melalui PC, Laptop atau Gadget.
E-Book GUI bisa pesan kepada Indonesian Gastronomy Association (IGA) dengan membayar seharga Rp. 350.000,00 (tigaratus limapuluh ribu rupiah) yang nantinya akan dikirim via email.

Harap dana itu ditransfer ke rekening :

Atas nama : Lenny Agustin Ernawati
Nomor rekening : 766 0085 577
Bank : Bank Central Asia
SWIF Code (IBAN) : CENAIDJA


Copy transfer bank dan alamat email-nya harap dikirimkan kepada :
Nama : Nining Aris
Nomor  WA : +62 878 8103 3027

Begitu bukti copy transfer bank dan alamat email itu diterima, paling lambat 5 (lima) hari E-Book GUI tersebut akan dikirimkan ibu Nining Aris via email sebagai lampiran.

Semoga buku Ebook Gastronomi Upaboga Indonesia bisa bermanfaat menyumbangkan pemikiran kepada kita semua.

Terima kasih
Indonesian Gastronomy Association

Note:
1. Mohon E-book GUI yg diterima tidak diedarkan (digandakan) kepada pihak lain yang tidak membayar karena dana yg masuk akan menjadi kas operasional organisasi IGA.
2. Penggandaan tanpa izin melanggar UU no. 19 Tahun 2002 pasal 72 tentang Hak Cipta.