".. makanan punya kisah .." (.. food has its tale .. cibus habet fabula ..)
.. baik itu mengenai falsafah, filosofis, sejarah maupun perilaku budaya yang menjadi simbol, ritual, adat, dan kearifan lokal masyarakat setempat serta pembentuk karakter, jati diri serta ciri identitas suatu bangsa ..



Thursday 21 September 2023

Perbedaan Kuliner & Gastronomi

Kuliner dan Gastronomi adalah istilah terkait dalam bidang makanan, namun memiliki arti berbeda:


1. Kuliner:
    - Definisi: Kuliner mengacu pada segala sesuatu yang berhubungan dengan memasak, menyiapkan, dan mengatur makanan untuk dikonsumsi.  Ini mencakup berbagai aktivitas dan keterampilan yang terlibat di dapur.
    - Fokus: Fokus utamanya adalah pada aspek praktis penyiapan makanan, seperti teknik, resep, pengoperasian dapur, dan seni memasak.

2. Gastronomi:
    - Definisi: Gastronomi adalah istilah yang lebih luas yang mencakup tidak hanya memasak tetapi juga seluruh budaya dan seni makanan.  Ini mencakup studi tentang makanan, sejarahnya, tempatnya dalam budaya, dan cara makanan tersebut dialami dan dinikmati.
    - Fokus: Gastronomi menggali apresiasi, pemahaman, dan perayaan makanan serta makna budaya, sosial, dan sejarahnya.

Intinya, kuliner berfokus pada praktik memasak yang sebenarnya, sedangkan gastronomi melihat pada konteks budaya makanan yang lebih luas, termasuk aspek sosial, budaya, dan sejarahnya.  Gastronomi sering kali melibatkan eksplorasi lebih dalam terhadap kenikmatan indera dan intelektual yang terkait dengan makanan, melampaui mekanisme memasak.