".. makanan punya kisah .." (.. food has its tale .. cibus habet fabula ..)
.. baik itu mengenai falsafah, filosofis, sejarah maupun perilaku budaya yang menjadi simbol, ritual, adat, dan kearifan lokal masyarakat setempat serta pembentuk karakter, jati diri serta ciri identitas suatu bangsa ..



Saturday 5 March 2016

Apa Itu Gastronomi

Tadi siang ada yang bertanya "Apa itu gastronomi" ? Apakah gastronomi terdiri dari orang yang pandai memasak ? Apa bedanya dengan kuliner ?

Tiga pertanyaan yang kait mengkait dengan jawaban sebagai berikut :

Gastronomi bukan menekankan kepada keahlian memasak. Gastronomi adalah pemerhati, pecinta dan penikmat makanan. Jadi tidak ada keharusan seorang gastronom (nama subyek / orang dari gastronomi) diharuskan pandai memasak. Intinya gastronomi adalah tukang "icip-icip" makanan.

Ini yang membedakan gastronomi dengan kuliner. Objek kuliner adalah resep makanan dan subyeknya adalah pemasak. Kuliner adalah seni mengolah resep menjadi makanan yang dilakukan pemasak (chef atau pemasak otodidak). Keterwakilan yang mencicipi makanan tidak ada dalam kuliner. Keterwakilan yang mencicipi makanan ada di gastronomi. 

Namun dalam gastronomi para gastronom mencicipi makanan dengan mengkaji makanan itu dari sisi sejarah, budaya, lanskap lingkungan (geografi) dan metoda memasaknya. Sedangkan kuliner sama sekali tidak mengkaji itu. Kuliner hanya melihat resep dan pemasak (chef atau pemasak otodidak).

Tabek