".. makanan punya kisah .." (.. food has its tale .. cibus habet fabula ..)
.. baik itu mengenai falsafah, filosofis, sejarah maupun perilaku budaya yang menjadi simbol, ritual, adat, dan kearifan lokal masyarakat setempat serta pembentuk karakter, jati diri serta ciri identitas suatu bangsa ..



Thursday 31 July 2014

Saya Gastronom

Saya mulai tertarik mengetahui sejarah dan tempat dari masakan berasal. Saya suka membayangkan tangan mereka yang membudidayakan bahan baku, mengangkut, mengolah dan memasak sebelum disajikan kepada saya.

Ada cukup makanan untuk semua orang di planet ini, tetapi tidak semua orang memiliki cukup untuk dimakan. Hanya sedikit orang yang tahu apa yang mereka makan, meskipun pengetahuan ini membawa kesenangan dan merupakan sumber persatuan di antara orang-orang yang berbagi.

Saya ingin menjadi gastronom dan jika ini membawa senyum ke bibir Anda, biarkan saya memberitahu Anda: “Menjadi seorang gastronom itu tidak mudah”.

Perannya kompleks, karena keahlian memasak dianggap Cinderella di dunia pengetahuan, meskipun itu sebenarnya ilmu, yang dapat membuka mata rakyat. Nutrisi adalah tindakan pertanian. Produksi makanan adalah tindakan gastronomi.

Gastronom adalah penilai terhadap sejarah makanan, seni-budaya dan pengetahuan memasak. Akan selalu ada masa depan jika gastronom cukup ambisi dan kreatif untuk melakukan perubahan di negeri ini dalam merumuskan “Gastronomi Indonesia”

Gastronomi adalah jenis baru dari profesional yang memahami dan menilai hubungan antara produksi pangan dan konsumsi, dari pertanian dan zoologi untuk pengolahan dan distribusi memasak dan komunikasi.

Sosok profesional gastronomi memiliki keterampilan dalam produksi, distribusi, promosi, dan komunikasi makanan berkualitas tinggi. Gastronomi adalah generasi berikutnya dari pendidik dan inovator dunia kuliner dan pariwisata.

Gastronomi melindungi masyarakat dan lingkungan dalam membangun ketahanan sistem pangan.

Gastronomi bertindak sebagai penerjemah budaya antara masyarakat pangan di dunia.

Sebagai pemangku, gastronom, membuat perubahan dan menciptakan keberhasilan dalam makanan dan pariwisata, produk dan regional pemasaran, manajemen proyek dan inovasi makanan.

Gastronomi memberi nilai tambah di sepanjang rantai produksi pangan masyarakat yang ada.

Tabek