".. makanan punya kisah .." (.. food has its tale .. cibus habet fabula ..)
.. baik itu mengenai falsafah, filosofis, sejarah maupun perilaku budaya yang menjadi simbol, ritual, adat, dan kearifan lokal masyarakat setempat serta pembentuk karakter, jati diri serta ciri identitas suatu bangsa ..



Thursday 31 July 2014

Masakan Nusantara

Wilayah Indonesia terdiri atas ribuan pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke yang dihuni ratusan suku bangsa dan etnis. Keragaman geografi dan suku bangsa inilah yang menjadikan Indonesia kaya akan keragaman budaya, termasuk budaya kuliner. Setiap suku dan etnis pasti memiliki cara tersendiri dalam meracik dan menyajikan makanan. Misalnya, orang Jawa terbiasa menambahkan gula pada setiap masakan sehingga rasanya cenderung manis. Berbeda sekali dengan orang Minang yang tidak pernah memberi gula, baik gula pasir maupun gula merah, pada masakan.

Budaya kuliner yang ada di Indonesia juga dipengaruhi budaya asing seperti dari Arab, India, Cina dan Eropa. Hal ini terkait dengan perdagangan rempah-rempah pada masa lampau. Misalnya, masakan kari di daerah Aceh merupakan hasil akulturasi dari budaya India. Contoh lain, penggunaan tauco pada beberapa masakan Jawa merupakan pengaruh budaya Cina. Akulturasi beberapa budaya di Indonesia ini tentu semakin memperkaya keragaman kuliner yang ada. Jadi bisa dibayangkan, berapa banyak jenis masakan tradisional yang ada di Bumi Nusantara ini. Kesemuanya itu merupakan warisan leluhur yang harus terus dilestarikan.