".. makanan punya kisah .." (.. food has its tale .. cibus habet fabula ..)
.. baik itu mengenai falsafah, filosofis, sejarah maupun perilaku budaya yang menjadi simbol, ritual, adat, dan kearifan lokal masyarakat setempat serta pembentuk karakter, jati diri serta ciri identitas suatu bangsa ..



Monday 7 March 2016

Gastronomi Peranakan Tionghoa, Arab, India & Belanda

Salam Gastronomi

Salah satu misi kita semua adalah mengangkat gastronomi makanan suku Indonesia Tionghoa, suku Indonesia Arab, suku Indonesia India & suku Indonesia Belanda yang resep-resepnya merupakan akulturasi dengan budaya makanan Indonesia. 

Hal ini dilakukan mengingat etno-kuliner keempat suku Indonesia itu merupakan salah satu produk tradisional kuliner Indonesia yang sudah ada sebelum Republik ini berdiri.

Seni masakan peranakan Tionghoa, Arab, India & Belanda jarang diketahui publik dan belum banyak dikenal masyarakat secara umum, apalagi perihal alur sejarah dan budayanya jarang diketahui kenapa bisa ber-akulturasi dengan masakan masyarakat suku & sub suku Indonesia lainnya.

Tidak banyak yang mengetahui bahwa seni etno-kuliner peranakan Tionghoa, Arab, India & Belanda mempunyai nilai falsafah, filosofis maupun perilaku sosial yang menjadi simbol, ritual dan adat pembentuk karakter, jati diri serta ciri identitas masyarakat Indonesia selama ini.

Bagi kita, masakan peranakan Tionghoa, Arab, India & Belanda sejatinya telah membentuk wawasan kebangsaan, ideologi, kerukunan dan kesatuan bangsa Indonesia dalam seni memasak.

Tabek