".. makanan punya kisah .." (.. food has its tale .. cibus habet fabula ..)
.. baik itu mengenai falsafah, filosofis, sejarah maupun perilaku budaya yang menjadi simbol, ritual, adat, dan kearifan lokal masyarakat setempat serta pembentuk karakter, jati diri serta ciri identitas suatu bangsa ..



Wednesday 18 October 2017

Badan Pelestarian Boga Indonesia


Melihat begitu pesatnya perkembangan makanan (boga) di Indonesia, sudah saatnya didirikan sebuah organisasi nirlaba berbentuk perkumpulan bernama Badan Pelestarian Boga Indonesia (BPBI). Organisasi ini akan menata kembali carut marut peta dan garis seni pusaka boga di negeri ini, termasuk upaya pemeliharaan, pengelolaan dan pemanfaatannya serta kreatifitas membangun masa depan boga Indonesia.

Dengan memanfaatkan nilai-nilai luhur pusaka makanan nusantara maka pengembangan seni dan budaya boga didorong dan direvitalisasi untuk membangun kerangka kehidupan yang positif dann berkelanjutan bagi terbangunnya dunia yang harmonis dan sejahtera. Saling menghormati dalam komunikasi dan pemahaman lintas budaya, serta situasi yang mendukung agar terus dibangun untuk pelestarian pusaka makanan, perbaikan kehidupan saat ini serta peletakan pondasi yang kuat untuk masa depan.

BPBI terdiri dari berbagai mitra organisasi, komunitas & perkumpulan makanan dari daerah di seluruh Indonesia, akademisi, dan individu praktisi serta pemerhati pelestarian pusaka makanan nusantara. Organisasi ini akan dibangun menjadi sebuah gerakan masyarakat terpadu yang didukung oleh seluruh lapisan dan menjadi bagian dari hidup masyarakat.

Visi BPBI adalah “Mengawal Kelestarian Pusaka Makanan Indonesia” yang dilaksanakan agar terwujud rekam jejak sejarah, budaya dan peradaban bangsa Indonesia sebagai bangsa yang beradab dan bermartabat.

Misi BPBI adalah untuk :
-- Menyampaikan masukan untuk pengembangan kebijakan, strategi, program, panduan dan mekanisme pelestarian pusaka warisan boga Indonesia;
-- Menyelenggarakan pelestarian dan membantu pengembangan kapasitas pelestarian makanan nusantara serta membangun gerakan pelestarian pusaka warisannya bersama pemerintah, komunitas, dunia usaha dan berbagai lembaga lainnya;
-- Mengembangkan sistem pendanaan pelestarian pusaka warisan boga nusantara melalui kerjasama nasional dan internasional.

Dasar acuan BPBI adalah mengupayakan langkah penyelamatan aset & catatan kuna budaya makanan bangsa agar tidak kehilangan mata rantai perkembangannya dari sejak jaman dulu sampai dengan sekarang