".. makanan punya kisah .." (.. food has its tale .. cibus habet fabula ..)
.. baik itu mengenai falsafah, filosofis, sejarah maupun perilaku budaya yang menjadi simbol, ritual, adat, dan kearifan lokal masyarakat setempat serta pembentuk karakter, jati diri serta ciri identitas suatu bangsa ..



Monday 28 September 2015

Makanan ini wajib ada dalam ritual-ritual adat di Indonesia : Daging Kerbau


Bagi masyarakat Batak di Sumatera Utara dan masyarakat Toraja di Sulawesi Selatan, kerbau adalah binatang berharga. Kerbau juga menjadi salah satu penanda status sosial masyarakat setempat. Selain menjadi binatang aduan, daging kerbau juga menjadi menu hidangan wajib dalam berbagai upacara dan ritual adat.

Misalnya di Batak ada upacara adat Manulangi Natua Tua, yakni sebuah upacara adat memberi makan kepada orangtua. Upacara ini khusus dilakukan kepada orangtua ketika mereka sudah bercucu, menginjak masa tua atau dalam kondisi kritis. 

Menu makanan dalam upacara Manulangi Natua Tua hanya dua, kalau tidak daging babi ya daging kerbau. Namun pada umumnya, yang dipakai adalah daging kerbau. Selain itu, di Batak daging kerbau juga menjadi menu wajib dalam upacara kematian atau pernikahan