".. makanan punya kisah .." (.. food has its tale .. cibus habet fabula ..)
.. baik itu mengenai falsafah, filosofis, sejarah maupun perilaku budaya yang menjadi simbol, ritual, adat, dan kearifan lokal masyarakat setempat serta pembentuk karakter, jati diri serta ciri identitas suatu bangsa ..



Monday 2 January 2017

Modernist Cuisine


Modernist Cuisine: The Art and Science of Cooking, begitu judul bukunya secara lengkap, adalah revolusi terbaru dalam seni memasak modern yang mengungkapkan teknik dan ilmu pengetahuan dalam menyiapkan makanan. Dalam keseharian seni memasak, modernis cuisine adalah dunia avant garde cuisine yang bentuk kiasannya dikenal dengan sebutan gastronomi.

Buku ini merupakan ensiklopedia dan panduan untuk ilmu memasak kontemporer yang menjelaskan tentang sejarah & fundamental memasak (dari era tradisional masa lalu sampai ke gerakan modernis yang dimulai pada tahun 1980an, termasuk tentang mikrobiologi, keamanan pangan, pangan dan kesehatan, panas dan energi, serta fisika dari makanan maupun air); teknik & peralatan memasak, hewan dan tumbuhan dalam memasak, bahan dan persiapan memasak, berlapis hidangan resep dan manual dapur yang berisi informasi singkat tentang topik yang berguna.

Buku satu set yang terdiri dari enam jilid dengan 2.438 halaman ini, diprakarsai oleh Nathan Myhrvold, Chris Young, dan Maxime Bilet, yang melakukan riset di sebuah laboratorium dengan peralatan teknik terbaru, yang mana kemudian model penggunaan laboratorium ini menjadi dasar penggunaan alat memasak bagi hampir semua pemasak profesional di dunia.

Ini adalah buku kedua yang paling penting bagi dunia ilmu memasak setelah buku "On Food and Cooking" karangan Harold McGee's, yang mencakup topik metoda memasak mulai dari yang tradisional (klasik) sampai yang terbaru dengan menggunakan perangkat alat modern, seperti antara lain sous-vide equipment dan cream siphons. Menciptakan cita rasa baru dan tekstur yang menggunakan alat-alat seperti water baths, homogenizers, centrifuges, ingredients (hydrocolloids, emulsifiers, dan enzymes)

Metoda ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi memasak yang ditemukan, memberi kesempurnaan bagi kalangan pemasak manca negara mengingat teknik dan peralatan yang digunakan ditakdirkan menemukan kembali gairah memasak.

Bisa dikatakan, buku Modernist Cuisine merupakan manifesto sebuah gerakan budaya baru dalam seni memasak yang telah mengubah cara memahami dapur. Modernist Cuisine merupakan kontribusi penting dalam memahami prinsip-prinsip dasar mengenai memasak yang tidak tertandingi oleh buku-buku lain. Malah buku ini diplesetin sebagai "sebuah buku yang mengakhiri semua buku memasak lainnya"

Karya yang tertera dalam ke enam jilid buku ini merupakan sebuah tolok ukur baru dalam memahami teknik keahlian memasak modern (gastronomi) dan ditakdirkan menjadi panutan memasak abad ke-21 yang sama pentingnya dengan buku karya "Ma Cuisine" dari Auguste Escoffier untuk panutan abad ke-20.