".. makanan punya kisah .." (.. food has its tale .. cibus habet fabula ..)
.. baik itu mengenai falsafah, filosofis, sejarah maupun perilaku budaya yang menjadi simbol, ritual, adat, dan kearifan lokal masyarakat setempat serta pembentuk karakter, jati diri serta ciri identitas suatu bangsa ..



Tuesday 5 May 2015

.. cibum habent in historiam culturalem ..

Dalam tradisi masyarakat, makanan adalah sesuatu yang suci. Makanan bukan sekedar nutrisi atau kalori. Makanan lebih terkait tentang berbagi, tentang kejujuran dan tentang identitas tentang budaya.

Sebagian besar dari kita memiliki kenangan indah mengenai makanan, baik itu sejak masa kecil sampai hari ini. Di makanan yang baik selalu ada sesuatu untuk dipelajari. Makanan apapun yang Anda nikmati bersama orang-orang yang memiliki minat yang sama, selalunya Anda berbagi ide dengan mereka.

Oleh karena itu makanan memiliki cara membawa kita kembali ke kenangan masa lalu dan di sisi itu ".. makanan punya riwayat budaya .." (.. cibum habent in historiam culturalem ..) .. . baik itu mengenai falsafah, filosofis, sejarah maupun perilaku budaya yang menjadi simbol, ritual, adat, dan kearifan lokal masyarakat setempat serta pembentuk karakter, jati diri serta ciri identitas suatu bangsa ..