".. makanan punya kisah .." (.. food has its tale .. cibus habet fabula ..)
.. baik itu mengenai falsafah, filosofis, sejarah maupun perilaku budaya yang menjadi simbol, ritual, adat, dan kearifan lokal masyarakat setempat serta pembentuk karakter, jati diri serta ciri identitas suatu bangsa ..



Sunday 3 August 2014

Srombotan

Bagi yang suka makan sayuran, kota Klungkung Bali adalah tempatnya. Sebab, didaerah yang dijuluki kota srombotan ini menyajikan sajian kuliner jukut srombotan yang terdiri dari berbagai macam sayuran. Di sebut bumi srombotan, karena Klungkung memiliki kuliner khas yang terkenal bernama Srombotan dan mampu memberikan sensasi citarasa yang sarat dengan kesegaran sayur-sayuran.

Srombotan termasuk jenis gado-gado yang terbuat dari sayur buah botor muda atau paku, toge, kobis yang dimasak setengah matang dicampur dengan kacang-kacangan yang dibumbui dengan sambal kelapa. Kemudian diberi bumbu disebut kalas yang terdiri dari santan yang diberi tumbukan kunyit, lengkuas, bawang merah dan bawang putih, ketumbar serta sedikit kencur maupun sambal siram yang terbuat dari kacang tanah, terasi dan cabai

Cara memasaknya yaitu degan dimasak hingga kental. Kalas inilah yang menjadi ciri khas serombotan yang kalau dihidangkan harus menggunakan kacang goreng dan nasinya bercampur ubi jalar atau nasi oran sele orang Bali menyebutnya.

Proses penyajiannya pun relatif sederhana, yakni dipotong kecil-kecil dan dicampur dengan sayur-sayuran, sementara diatasnya ditaburi dengan sambal kables kacang tanah.