".. makanan punya kisah .." (.. food has its tale .. cibus habet fabula ..)
.. baik itu mengenai falsafah, filosofis, sejarah maupun perilaku budaya yang menjadi simbol, ritual, adat, dan kearifan lokal masyarakat setempat serta pembentuk karakter, jati diri serta ciri identitas suatu bangsa ..



Sunday 3 August 2014

Tengkleng & Sate Kambing Mas Mitro

Salah satu sate kambing yang punya reputasi di kota Sragen adalah Sate Kambing Mas Mitro. Meski nama kedainya sate kambing, tapi hidangan yang banyak dicari para pengunjungnya justru hidangan tengkleng. Padahal hidangan ini merupakan menu pelengkap yang ada di kedai ini. Tengkleng sebetulnya lebih mirip dengan gulai. Berkuah santan dengan bumbu rempah yang cukup kuat dan bahan isinya iga kambing yang dipotong sepanjang 5-10 cm. Iga yang digunakan untuk membuat tengkleng berasal dari kambing yang masih muda. Umumnya berusia di bawah satu tahun, untuk mendapatkan rasa yang lebih enak.

Biasanya satu porsi tengkleng berisi 12 potong iga. Disini juga menyediakan tongseng dari daging kambing, pipi, lidah, tulang, kikil dan jerohan kambing. Jika mendekati hari libur atau lebaran, kedai ini menyediakan kambing hingga 2-3 ekor. Kedai ini berada di daerah Beloran, tepatnya di Jl. Raya Sukowati 117 sebelahnya dealer motor Harapan Utama. Biasanya mereka mulai melayani pelanggangnya setiap hari jam 9 pagi hingga jam setengah 10 malam.