".. makanan punya kisah .." (.. food has its tale .. cibus habet fabula ..)
.. baik itu mengenai falsafah, filosofis, sejarah maupun perilaku budaya yang menjadi simbol, ritual, adat, dan kearifan lokal masyarakat setempat serta pembentuk karakter, jati diri serta ciri identitas suatu bangsa ..



Sunday 3 August 2014

Cilok

Cilok (singkatan dari Aci dicolok) adalah sebuah makanan rakyat khas Jawa Barat yang berasal dari Indonesia yang terbuat dati tepung kanji (aci dalam bahasa sunda) yang kenyal dengan di tambahkan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap dan saus.

Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya. Terdapat telur atau cincang daging di dalamnya, karena terbuat dari bahan dasar tepung kanji maka cilok jika dimakan rasanya kenyal. Rasanya kenyal seperti bakso.

Tak hanya disukai oleh anak-anak, pada zaman modern ini ternyata hampir semua orang menyukai cilok, seperti para mahasiswa dan orang tua. Kebanyakan pedagang cilok adalah pedagang kaki lima.

Bahan baku, antara lain: tepung kanji, bumbu bawang dan teman-temannya, lalu campur dengan daging ayam atau sapi; pencampuran tentunya menggunakan air, selanjutnya direbus dan dibentuk bulat-bulat kecil seperti pentol bakso.

Untuk memvariasi pentol,dapat anda tambah dengan pentol goreng atau yang sudah kering. Lalu dapat anda tambah lagi dengan tahu isi kanji. Yang perlu diperhatikan, Makanan ini terkenal dengan makanan murah maka jangan menampakkan penampilan yang terlalu mewah. Namun kebersihan dan kerapian tetap perlu dijaga.