".. makanan punya kisah .." (.. food has its tale .. cibus habet fabula ..)
.. baik itu mengenai falsafah, filosofis, sejarah maupun perilaku budaya yang menjadi simbol, ritual, adat, dan kearifan lokal masyarakat setempat serta pembentuk karakter, jati diri serta ciri identitas suatu bangsa ..



Sunday 3 August 2014

Keciput

Keciput adalah makanan sejenis onde-onde kecil yang berasal dari Jepara, Jawa Tengah. Keciput oleh- oleh khas dari Kudus. Jenang ini biasanya dijual dalam potongan-potongan kecil, dibungkus aluminium foil, dan dimasukkan ke dalam kemasan dus.

Kue yang satu ini bentuknya sama dengan onde-onde yakni bentuknya bulat dengan balutan wijen di seluruh bagian bulatannya. yang membedakan dengan onde-onde yaitu keciput ini bentuknya lebih kecil dan tidak berisi sebagaimana onde-onde. Satu lagi yang membedakannya dengan onde-onde adalah saat digigit keciput ini tidak lembek seperti onde-onde. Tapi jangan salah sangka. Walaupun agak keras, justru inilah yang menjadi sensasi tersendiri saat Anda menggigitnya. Cobain deh! Dijamin gak mau berhenti ngambil.

Proses produksi dan bahan dasarnya pun mudah didapat, yakni telur, margarin, tepung dan adonan perasa. Bahan tersebut dicampur dan diaduk hingga merata. Usai mengembang dan adonan mengeras, tinggal membentuk ukuran keciput sesuai selera. Usai membentuk ukuran kecil atau ukuran kotak dadu. Tak lupa adonan potongan keciput diayak dengan wijen. Cara ini agar lebih mudah, untuk menaburkan wijen secara merata keseluruh permukaan kue keciput.