".. makanan punya kisah .." (.. food has its tale .. cibus habet fabula ..)
.. baik itu mengenai falsafah, filosofis, sejarah maupun perilaku budaya yang menjadi simbol, ritual, adat, dan kearifan lokal masyarakat setempat serta pembentuk karakter, jati diri serta ciri identitas suatu bangsa ..



Sunday 3 August 2014

Kuwah Beulangong

Gulee Sie Kameng atau sering disebut juga dengan Kuah Beulangong adalah masakan Aceh sejenis gulai yang berbahan baku utama daging kambing dan nangka muda (orang Aceh menyebutnya boh panah), serta disertai potongan pisang kepok. Dengan bumbu khas Aceh seperti capli kleng (cabai kering), u neu lheu (kelapa gongseng), kayu mameh (kayu manis) dan bumbu-bumbu yang lainnya, aroma masakan ini tercium amat khas. Konon di kalangan orang Aceh ada suatu bumbu yang membuat daging kambing dari masakan ini menjadi empuk dan tidak berbau. Gulai ini dapat dimakan panas atau dingin.

Makanan khas Aceh yang paling enak ini milik orang Aceh Besar (Aceh Rayeuk), namun sayangya, banyak rumah makan khas tersebut bukan orang Aceh Besar sendiri yang memilikinya, tapi orang Pidie. Alasanya, orang Pidie pintar dalam berbisnis.