".. makanan punya kisah .." (.. food has its tale .. cibus habet fabula ..)
.. baik itu mengenai falsafah, filosofis, sejarah maupun perilaku budaya yang menjadi simbol, ritual, adat, dan kearifan lokal masyarakat setempat serta pembentuk karakter, jati diri serta ciri identitas suatu bangsa ..



Sunday 3 August 2014

Nasi Kuning

Nasi Kuning atau kadang-kadang disebut Kunyit Nasi, adalah hidangan nasi Indonesia dimasak dengan santan dan kunyit, maka nasi kuning nama (nasi kuning). Nasi kuning mungkin datang dalam bentuk kerucut yang disebut tumpeng dan biasanya dimakan selama acara khusus. Beras tampak seperti tumpukan emas, sehingga sering disajikan di pesta-pesta dan upacara pembukaan sebagai simbol keberuntungan, kemakmuran dan martabat.

Hal ini biasanya disajikan dengan berbagai lauk pauk seperti serundeng robek omelet, (menikmati kelapa parut dan bumbu), urap (sayuran dalam saus kelapa parut), teri kacang (goreng ikan teri dan kacang), sambal goreng (tempe goreng dan kentang karamel dalam saus pedas), ayam goreng (Jawa-gaya ayam goreng), balado udang (udang di cabai), atau perkedel (kentang goreng). Kuning nasi lebih rumit mungkin termasuk otak sapi goreng itu, paru goreng sapi, daging sapi dan seafood. Hal ini umum untuk melayani nasi kuning dengan kerupuk udang (cracker udang) dan mentimun dekoratif dipotong.