".. makanan punya kisah .." (.. food has its tale .. cibus habet fabula ..)
.. baik itu mengenai falsafah, filosofis, sejarah maupun perilaku budaya yang menjadi simbol, ritual, adat, dan kearifan lokal masyarakat setempat serta pembentuk karakter, jati diri serta ciri identitas suatu bangsa ..



Sunday 3 August 2014

Hucap

Hucap adalah makanan tradisional khas Kuningan semacam Ketoprak atau Kupat Tahu, namun sedikit berbeda dalam hal rasa dan penyajiannya. Makanan ini terbuat dari bahan dasar seperti tahu goreng yang renyah, bumbu kecap tradisional, kuah kacang dan kupat khas Kuningan.

Sepintas sulit membedakan antara Kupat Tahu dengan Hucap. Sebab baik bahan baku utama maupun bumbunya sama dengan Kupat Tahu, yakni terdiri dari . kupat, tahu dan bumbu kacang tanah plus kecap. Hanya saja ada salah satu yang membedakan, yaitu Hucap lebih dominan dengan bumbu kecapnya. Oleh sebab itu disebut Hucap, kependekan dari Tahu dan Kecap. Ditambah dengan tahu khas Kuningan yang tidak ada duanya karena lebih padat dan gurih di banding tahu Sumedang yang kosong ditengahnya.

Makanan khas Sunda ini ciri khas dari Kuningan, di daerah lain Jawa Barat tidak ada hucap. Mungkin Jika di daerah Sunda lainnya seperti Bandung misalnya ini biasa di sebut Kupat Tahu.

Hucap sampai kini masih digemari berbagai lapisan masyarakat Kuningan Jawa Barat. Rasanya yang khas dan maknyos membuat Makanan Khas Sunda ini menjadi hal yang di tunggu jika para perantau pulang kampung.

Kini Hucap tidak saja dijajakan oleh pedagang di pinggir jalan dan warung. Banyak warga yang memanfaatkan menu ini sebagai hidangan pelengkap acara-acara tertentu misalnya peta pernikahan, ulang tahun dan acara lainnya.